Selasa, 06 April 2010

Syahidnya Sumayyah Ummu Ammar R.A.

                Sumayyah binti Khayyat r.a. adalah ibu Ammar r.a., yang rela menjual dirinya demi agama. Sebagaimana Ammar r.a. puteranya dan Yasir r.a. suaminya, Sumayyah r.a pun merupakan seseorang yang sangat bermujahadah dan bersusah payah dalam memperjuangkan agama Islam. Oleh karena hatinya benar-benar mencintai Islam, sehingga dia mendapat bermacam-macam kesulitan dan kesukaran. Walaupun demikian, ternyata keimanannya tidak berpengaruh sedikitpun oleh ujian-ujian tersebut.
            Pernah Suatu ketika, matahari bersinar sangat terik. Ammar r.a. anaknya dibaringkan oleh Abu jahal di atas kerikil-kerikil panas, dan dipakaikan baju besi ditubuhnya. Terkadang dia diberdirikan disuatu tempat panas sehingga badannya terbakar oleh panasnya baju besi tadi. Rasulullah saw. Pernah berjalan di depan Ammar r.a. dan beliau memberikan semangat kepadanya agar tetap bersabar atas penderitaan tersebut dan memberikan kabar gembira dengan janji-janji surga kepada Ammar r.a.
          Pada suatu saat, Abu Jahal lewat di depan Sumayyah r.a. yang sedang berdiri, lalu sumayyah memarahinya karena kekejaman Abu Jahal tderhadap anak dan suaminya sehingga Abu Jahal menjadi marah, lalu Abu Jahal melemparkan tombaknya ke kemaluan Sumayya r.a. sehingga sumayyah terluka dan karena luka tersebut akhirnya sumayyah r.a. gugur sebagai syahidah. INILAH WANITA YANG PERTAMA KALI MATI SYAHID DALAM SEJARAH ISLAM




6 komentar:

Anonim mengatakan...

semoga Allah menghadaihkan surga pd kluarga mereks

Anonim mengatakan...

MAsya Allah.....

Anonim mengatakan...

Indahnya bersama mereka dalam surga

Mukhlizar mengatakan...

Subhanallah...
Sungguh beruntung orang-orang yang bersabar..
Semoga Allah menghadiahi dengan kenikmatan surga bagi orang-orang yang bersabar.

ono mengatakan...

semoga Allah melimpahkan rahmat_Nya

emil hani mengatakan...

assalamualikum
bgs ceritanya

Posting Komentar