Senin, 24 Oktober 2011

PEMBUATAN DAN PENGUJIAN SIFAT MEKANIK PLASTIK BIODEGRADABEL BERBAHAN DASAR POLY LACTID ACID (PLA) DAN PATI SAGU


PEMBUATAN DAN PENGUJIAN SIFAT MEKANIK PLASTIK BIODEGRADABEL BERBAHAN DASAR  POLY LACTID ACID (PLA) DAN PATI SAGU

Mhd Zainal Arif H (062244610009)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pembuatan Plastik Biodegradabel berbahan dasar PLA dan Pati Sagu sehingga dapat dibuat sampel Plastik Biodegradabel yang kemudian akan diketahui seberapa besar pengaruh penambahan Pati Sagu terhadap nilai kekuatan lentur, kekuatan tarik serta kekuatan impak dari plastik yang terbentuk.
Pembuatan dilakukan dengan cara mencampurkan bahan dasar Poly Lactid Acid (PLA) dan Pati Sagu Termoplastis, dimana terdapat empat variasi massa campuran antara PLA dan Pati Sagu, yaitu; 100% : 0%, 90% : 10%, 80% : 20%, dan 70% : 30%.  Proses dimulai dengan pembuatan Pati Sagu Termoplastis yang selanjutnya dicampur dengan PLA melalui proses ekstruksi yang hasilnya akan di hotpress untuk membentuk sampel uji. Sampel yang terbentuk akan diuji kekuatan lentur, tarik dan impaknya sehingga hasil pengujian dapat dianalisis.
Hasil penelitian menunjukkan penambahan Pati Sagu dalam campuran Plastik Biodegradabel memberikan pengaruh yang secara umum menambah sifat kelenturan dari plastik dimana pada uji lentur semakin besar kadar Pati Sagu dalam campuran semakin tinggi kekuatan lenturnya, dengan kekuatan lentur tertinggi sebesar 36,825 MPa dan terendah sebesar 30,546 MPa. Hal ini dikarenakan kandungan Amilopektin yang tinggi pada pati. Pada kekuatan tarik semakin besar kadar campuran Pati Sagu semakin kecil kekuatan tariknya dengan kekuatan tarik tertinggi sebesar 0,07422 Mpa dan terendah sebesar 0,03428 MPa. Nilai ini menunjukkan kesesuaian teori yang menyatakan bahwa pati sagu memiliki sifat yang cenderung lentur. Pada kekuatan impak semakin besar kadar campuran Pati Sagu semakin kecil kekuatan impakya dengan kekuatan impak tertinggi sebesar 0,00171 J/mm2 dan terendah sebesar 0,00156 J/mm2, sehingga secara aplikasi Plastik Biodegradabel berbahan dasar PLA dan Pati Sagu kurang baik digunakan dalam pembebanan dinamis dalam kapasitas besar.


Kata kunci : Plastik Biodegradabel, Poly Lactid Acid (PLA), Pati Sagu, Uji Lentur, Uji Tarik, Uji Impak

Selengkapnya kirim email ke : arifhutabarat@gmail.com 

 


2 komentar:

chelsea situmorang mengatakan...

please dech skripsi mu itu zai
mw promosi y
heheehee
:)

ingat ga saran bu nurliana duruh diganti sagu dgn ubi kayu hahaaa
:D

zairif mengatakan...

Ha,,ha,,,ha,,,
Peace,,,!!!!

Posting Komentar