Sabtu, 18 Juni 2011

Penyebaran Tumbuhan Melalui Angin

Angin sangat membantu dalam proses penyebaran tumbuhan,angin juga membantu dalam proses penyerbukan atau pembuahan beberapa jenis tumbuhan,sehingga proses regenerasi tumbuhan dapat berlangsung.bahkan ada tumbuhan tertentu yang penyebaran benihnya di lakukan oleh angin.tumbuhan yang penyebarannya di bantu oleh angin secara biologi di sebut enemikori.

Contoh penyebaran melalui angin:
Ilalang dan rerumputan,penyebaran benihnya di lakukan oleh angin.tidak ada seorang pun yang menanam, tetapi rumput ilalang bisa tumbuh karena angin membawa benih.
contoh lain yaitu tumbuhan paku,spora di bentuk,dari daun khusus pembentuk spora yang di sebut sporofil.spora terdapat pada kotak spora(sporangium).ketika spongarium pecah,spora keluar kemudian di terbangkan oleh angin dan jatuh di tempat yang sesuai dan tumbuh mrnjadi tumbuhan paku yang baru.
Tumbuhan jagung atau padi(oriza sativa) juga dapat menyebar melaui bantuan angin melalui proses penyerbukan.yaitu proses menempelnya benang sari di kepala putik yang di bantu oleh angin.sehingga terjadinya pembuahan.

Tumbuhan yang penyebarannya dibantu oleh angin memiliki ciri:
1.Biji kecil dan ringan.
2.Biji berbulu atau berambut sehingga dapat melayang diudara,
3. Biji terpencar, apabila tangkainya tergoyang oleh angin maka biji akan keluar lewat lubang atau celah pada biji. Mekanisme ini disebut pendupaan.
cth: alang-ala 4.Buah bersayap, cth: meranti, tengkawang (famili Dipterocarpace)


2 komentar:

COFFEE (DAGO COFFEE) KI DAUS mengatakan...

mau tanya bagaimana cara membuat tab menu seperti blog anda ini pak...............okifirdaus@gmail.com

zairifblog mengatakan...

Oh... itu edit html pak,, terimakasih atas kunjungannya. sebenarnya banyak sekali kode yang tersedia di internet, silahkan bapak tinggal pilih yang mana saja dsana banyak tersedia, tetapi memang punya saya sudah saya edit sendiri mas, termasuk besar, warna dan lainnya.

Posting Komentar