Senin, 13 Juni 2011

Pandangan Tentang Manusia Menurut Agama Kristen

Di dalam Kitab Kejadian 1 terdapat kalimat-kalimat yang terkenal mengenai kejadian manusia “maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka” (ayat 27). Pernyataan, bahwa manusia itu diciptakan menurut gambar Allah (di dalam bahasa Ibranio; sèlem, di dalam bahasa Yunani: eikom) dan seperti rupa Allah (di dalam bahasa Ibrani: demut, di dalam bahasa Yunani: homoiotès), kita dapati juga dalam Perjanjian Baru.

1. Manusia itu makhluk dan akan tetap menjadi makhluk untuk selama-lamanya. Manusia bukanlah Allah dan menusia juga tidak mempunyai zat ilahi atau kodrat ilahi. Tidak ada “analogi entis” (persamaan zat) antara manusia dan Allah.
2. Manusia dijadikan sebagai makhluk somatic-psikis (berjiwa raga). Allah membentuk manusia (di dalam bahasa Ibrani: haadam) dari debu tanah (adama) dan menghembuskan nafas kehidupan (nismat hajjin) ke dalam hidungnya (Kej. 2:7). Oleh karena dijadikan dari debu tanah (adama), maka manusia (ha-adama) bertalian dengan semua makhluk yang ada dibumi.

3. Hubungan Allah-manusia dan manusia-Allah itu dinyatakan dalam berita tentang manusia yang dijadikan menurut gambar Allah. Bukanlah maksud kami untuk menguraikan dengan panjang lebar di sini segala sesuatu yang dimaksudkan dengan hal ini, bukan pula untuk membahas denga panjang lebar diskusi teologis mengenai hal ini. Kami hanya mementingkan dua unsure dari berita ini, yang mempunyai arti yang menentukan bagi Etika.

4. Akhirnya dalam hubungan ini masih harus ditekankan kenyataan, bahwa Allah menciptakan manusia supaya manusia itu berbakti secara sukarela. Salah satu unsure yang terutama di dalam penciptaan manusia menurut gambar Allah ialah bahwa Allah menempatkan manusia di persimpangan jalan untuk memilih; Allah memberikan kebebasan memilih kepadanya. Kedaulatan ilahi itu diserahkan kepada manusia secara sukarela di dalam kasih.


http://zairifblog.blogspot.com/2011/06/pandangan-tentang-manusia-menurut-agama_5984.html

4 komentar:

Anonim mengatakan...

ne ir, jadi tanggal 13 dmn? gak penelitian?

zairifblog mengatakan...

tanggal 13 sakit, g bisa kemana-mana..

agus setiawan mengatakan...

kok g da daftar pustakanya sekalian gan dikasih daftar pustaka

Affan Iskandar mengatakan...

Jika manusia laki-laki dan perempuan di ciptakan menurut gambar Allah maka Allah itu Bermuka dua (Laki-laki dan perempuan) dan berkarakter ganda juga (Laki-laki & perempuan)?

Poskan Komentar