Senin, 15 Februari 2010

Larutan Polimer

.Larutan Polimer

Kesimbangan Fasa
Jika polimer melarut di dalam suatu pelarut, maka pasangan polimer-pelarut berkenaan dikatakan serasi, jika sebaliknya polimer tidak melarut dalam suatu pelarut maka pasangan tersebut dikatakan tidak serasi.
Kelarutan polimer ditentukan oleh :
1. Jenis kimia polimer-pelarut
2. Suhu
3. Penyusun molekul polimer
Polimer melarut dalam julat suhu dan jisim molekul tertentu, sebagaimana yang ditunjukkan oleh polistirena dalam aseton.
Pelarutan polimer berlaku dalam suhu tinggi dan juga suhu rendah. Suhu paling tinggi polimer mulai larut dinamakan suhu pelarutan kritikal atas ( upper critical solution temperature – UCST ). Suhu paling rendah polimer mulai melarut dinamakan suhu pelarutan kritikal bawah ( lower critical solution temperature – LCST ).

6.
MMetoda Resistansi Polimer
Metoda resistansi larutan polimer untuk mengukur berat molekul polimer didasarkan atas perubahan resistansi bahan polimer akibat adanya perubahan konsentrasi. Berdasarkan metoda tersebut telah dirancang dan dibuat suatu alat untuk menentukan berat molekul bahan polimer.

             Untuk mengukur berat molekul larutan polimer, sampel larutan polimer diletakkan pada suatu ruang pengukuran dengan temperatur konstan. Sampel tersebut dirangkaikan secara seri dengan suatu hambatan yang telah diketahui besarnya, kemudian diberi sumber tegangan tetap dan diukur beda potensialnya dalam berbagai konsentrasi.
Untuk masing-masing konsentrasi polimer dihitung resistansinya dan hasil pengukuran nilai resistansi yang mempunyai ketergantungan terhadap nilai berat molekul yang dalam hal ini adalah konsentrasi larutan polimer yang bersangkutan kemudian digambarkan pada suatu larva dan diektrapolasi untuk nilai konsentrasi polimer sama dengan no

0 komentar:

Posting Komentar