Senin, 04 Juni 2012

Shodaqoh diartikan sebagai Shodaqoh Sunnah (Tathawwu')


Shodaqoh sunnah (tathawwu') adalah shodaqoh yang diberikan seorang muslim kepada orang lain, badan atau lembaga sosial secara sukarela (tidak diwajibkan) tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. 

         Shodaqoh sunnah (tathawwu') itu boleh diberikan kepada siapa saja, baik Muslim atau non Muslim. Berbeda dengan zakat, baik zakat maal atau zakat fitrah, hanya boleh diberikan kepada orang-orang yang beragama Islam.(14) 

          Shadaqoh mempunyai makna yang luas, tidak sekadar memberi harta benda saja. Tersenyum ramah pada sesama saudara muslim termasuk shadaqoh, pergi ke masjid untuk sholat, menyingkirkan duri dari tengah jalan agar tidak melukai orang yang lewat, menyuapi dan menggauli istri juga shadaqoh. Seseorang bisa bersedekah melalui profesinya masing-masing. Orang yang berilmu melalui ilmunya, punya pangkat dan jabatan melalui pangkat dan jabatannya, punya kekuatan melaui kekuatannya dan yang punya harta melaluihartnya.(15)

13 Yusuf Qardhawi, Sistem Masyarakat Islam dalam Al Qur'an & Sunnah, Terj. Malaamihu 
14 Masyfuk Zuhdi, Studi Islam, h. 83-84. Al Mujtama' Al Muslim Alladzi Nasyuduh, (tk: Citra Islami Press, 1997), Cet. 1.

        Nabi juga menggunakan kata shodaqoh jariah untuk menyebut wakaf, shodaqoh tidak hanya terbatas pada pemberian dalam bentuk materi, namun juga dalam bentuk non materi. Dalam Hadits Rasulullah SAW memberi jawaban kepada orang-orang miskin yang cemburu terhadap orang kaya yang banyak bershodaqoh dengan hartanya, beliau bersabda: "Setiap tasbih adalah shodaqoh, setiap takbir shodaqoh, setiap tahmid shodaqoh, setiap tahlil shodaqoh, amar ma'ruf shodaqoh, nahi munkar shodaqoh, dan menyalurkan shahwatnya pada para istri shodaqoh". 
       
        Dalam Hadits lain Rasulullah SAW bersabda: "Senyummu kepada saudaramu adalah shodaqoh". Pemaknaan kata shodaqoh dengan pemberian yang hukumnya sunnah adalah malasah kebiasaan (u'rf) saja.(16) Shodaqoh adalah ungkapan kejujuran (shidq) iman seseorang. Oleh karena itu Allah swt menggabungkan antara orang yang memberi harta dijalan Allah dengan orang yang membenarkan adanya pahala yang terbaik. Antara yang bakhil dengan orang yang mendustakan(17). 
      
      Disebutkan dalam surat Al-Lail ayat 5-10:
"Adapun orang yang memberikan (hartanya dijalan Allah) dan bertakwa, dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), maka Kami kelak akan menyiapkan baginya (jalan) yang mudah. Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup serta mendustakan pahala yang terbaik, maka kelak Kami menyiapkan baginya (jalan) yang sukar”. (QS. Al-Lail: 5-10) Shodaqoh merupakan bagian dari upaya tadzkiyyatun nafs, membersihkan pribadi, baik lahir maupun batin. Jika hati bersih, rahmat Allah SWT mudah menghampiri. Sebab, Allah itu suci, hanya berdekatan dengan yang serba suci.

15 16 www.arwaniyyah.com/page/index.php?option=com_content&task=146&Itemid=67 Ust. M. Taufiq Ridho, Lc., Perbedaan ZIWAF, h. 01.
 17 Naharus Surur, Zakat Dan Peranannya Dalam Krisis, http://www.pkpu.or.id email: pos@centrin.net.id.

         Dalam Al-Quran, Shodaqoh disebutkan sebagai salah satu ibadah yang utama. Bahkan dalam kitab suci itu kalimat perintah Allah untuk bershodaqoh menggunakan huruf waw ‘athaf, yang biasa digunakan sebagai kata-kata sumpah. Misalnya, Wallahi, demi Allah. Dengan demikian, shodaqoh merupakan perintah yang sangat mengikat dan sangat penting. Begitu pentingnya shodaqoh, sehingga dalam Al-Quran terdapat banyak perintah mengenai amalan utama itu. Misalnya dalam surah Ibrahim ayat 31:

“Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang beriman, hendaklah mereka mendirikan shalat,  menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi maupun terang-terangan, sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual-beli dan persahabatan”. (QS. Ibrahim: 31)



Terimakasih atas kunjungannya, semoga berkenan Untuk Iklan dan Donasinya ke Link ini


0 komentar:

Posting Komentar