Senin, 04 Juni 2012

Keutamaan Shodaqoh


      Sedemikian penting dan utamanya bershodaqoh, sehingga kita dianjurkan menunaikannya sebagai inisiatif, bukan atas permintaan. Sangat utama ditunaikan di depan, bukan setelah ada sisa dari suatu harta. Juga jangan diberikan setelah melaksanakan suatu perbuatan, karena hal itu bukan sedekah, melainkan syukuran.
      
Apa sebenarnya keutamaan shodaqoh? Menurut Rasulullah SAW, ada empat keutamaan. 

Pertama, shodaqoh justru mengundang rezeki. Semakin banyak bershodaqoh, semakin banyak rezeki melimpah. “Tidak akan berkurang rezeki orang yang bershodaqoh, kecuali bertambah, bertambah, dan bertambah”, sabda Rasulullah. 

Kedua, shodaqoh bisa menyembuhkan penyakit. Karena sedekah dapat membersihkan hati dan pikiran, dampaknya secara psikologis dapat pula membantu penyembuhan, berkat ridha Allah SWT. Selain itu, Allah menjanjikan melipatgandakan ganjaran shodaqoh hingga 700 kali lipat. Dengan bershodaqoh Rp.100.000,- misalnya, bukan tak mungkin akan kembali Rp.70.000.000. Dan dengan uang itulah si sakit membiayi proses penyembuhannya. 

Ketiga, shodaqoh dapat menolak bala, menahan musibah, menghilangkan kesulitan. Sabda Rasulullah, “Jika seseorang ingin dihilangkan kesulitannya, diringankan bebannya, ditolong atas semua permasalahannya, dia harus membantu mereka yang lebih susah, lebih menderita, lebih bermasalah. Dan bersedekah merupakan upaya terbaik untuk membantu orang lain”. Sabda Rasulullah SAW lagi, “Bersegeralah bershodaqoh. Sebab, musibah dan bencana tidak bisa mendahului shodaqoh” . 

Keempat, shodaqoh dapat memanjangkan umur. Dengan bershodaqoh, kehidupan kita akan dipenuhi kebajikan. Selalu tumbuh kepuasan batin dan merasa lebih berbahagia, karena dapat membantu orang lain, dan semakin dicintai para sahabat. Dengan kebajikan, hidup menjadi lebih berkualitas.



Terimakasih atas kunjungannya, semoga berkenan Untuk Iklan dan Donasinya ke Link ini


1 komentar:

aba hafiz mengatakan...

terima kasih uraianya

Poskan Komentar