Rabu, 28 Desember 2011

Alat Pengaman Ruang Luncur Lift (Elevator)

     Beberapa komponen pendukung kerja elevator antara lain seperti dibawah ini :
1.      Saklar pintu ( door contact )
      Saklar pintu ( door contact ) ini termasuk dalam komponen pengaman elevator.
2.      Kunci pintu ( door lock )
     Berfungsi untuk mengunci pintu agar pintu tidak dapat dibuka dari luar dan Cara kerja alat  ini bekerja berdasarkan pegas dan gravitasi dari pengait. Padanya dipasang kontak listrik yang dihubungkan dengan sistem pengaman yang secara seri, kontak tersebut akan selalu pada posisi tertutup apabila dalam keadaan tertutup dan sebaliknya. Cara pembukaan pintu biasanya dengan suatu alat khusus dan dianjurkan tidak sembarang orang untuk mempergunakannya.
3.      Saklar batas atas ( final up ) dan bawah ( final down )
     Saklar batas atas dan bawah berfungsi untuk mengamankan kereta elevator terhadap kemungkinan terjadinya kelebihan kecepatan.
4.      Limit switch
      BerFungsi  untuk menjaga agar kereta tidak melewati batas lintasan yang di ijinkan pada arah keatas maupun pada arah kebawah. Cara kerja alat ini merupakan kontak listrik yang digerakan oleh sentuhan batang pengungkit yang dipasangkan pada kereta, dipasang di dua tempat, yaitu pada main rail dibagian atas (setelah lantai teratas) dan dibagian bawah setelah lantai terbawah. Alat ini terdiri dari 2 (dua) tingkat, yi. Limit switch pembalik arah dan final limit switch. 


0 komentar:

Posting Komentar