Rabu, 28 Desember 2011

Alat Pengaman Ruang Mesin Lift (Elevator)

       Alat pengaman diruang mesin dapat digolongkan menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu :
1.      Alat pengaman bersifat listrik.
2.      Alat pengaman mekanik.

       Oleh karena pengecekan alat pengaman bersifat listrik memerlukan kemahiran khusus dan hampir kesemuanya terletak didalam kontrol panel. Sedangkan alat pengaman mekanik diruang mesin, antara lain:

a.       Speed Governor
1.      Berfungsi untuk mendeteksi kecepatan lebih (arah turun) dan mengaktipkan mekanisme pengaman. Biasanya alat ini diset pada 110 % & 1,15% dari kecepatan nominal lift.
2.      Cara kerja Puli governor yang dihubungkan dengan kereta mempunyai sistem bandul yang akan bekerja berdasarkan kecepatan centrifugal akan mengaktipkan suatu mekanisme yang dapat mengunci rope governor se­hingga tali baja menarik safety block yang berada dikereta dan menguncinya sehingga kereta terkunci pada rel. Alat ini juga dihubungkan dengan rangkaian kontak listrik yang bekerja) kecepatan 110%.

b.      Rem Mekanik (Mechanical Break)
1.      Berfungsi untuk memastikan lift berhenti.
2.      Cara kerja rem ini bekerja berdasarkan pegas yang dipasang pada dudukan sepatu yang cara pembukaannya digerakan oleh  motor  rem.  Semua peralatan pengaman dihubungkan dengan motor rem ini. Pada saat motor traksi maka rem ini bekerja. Untuk membukanya diperlukan peralatan khusus (yang biasanya disediakan di Ruang Mesin).


0 komentar:

Poskan Komentar