Jumat, 23 Desember 2011

Perbedaan Qiraat Mushaf Utsmani


Perbedaan antar mushaf pribadi yang ditemukan dalam kesejarahan teks Al Qur’an mengindikasikan bahwa teks Al Qur’an semenjak masa-masa awal sudah mendapat “campur tangan” pemilik mushaf pibadi. Dengan kata lain, terlepas dari motif-motif yang ada, peran generasi Islam awal cukup kentara dalam menyusun redaksi final Al Qur’an disertai dengan adanya penambahan-penambahan sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka masing-masing.

Mushaf Usmani seperti yang kita ketahui, dalam segi tulisan naskah kodifikasinya masih” telanjang”. Ia belum dilengkapi dengan tanda-tanda akhir surat dan begitu juga tanda-tanda khusus untuk setiap huruf yang bisa membedakan bunyinya dengan huruf-huruf yang lain. Di samping itu, berbeda dengan mushaf-mushaf yang lain, jenis tulisan mushaf Usmani tidak memiliki suatu informasi yang pasti terkait dengan masalah gaya penulisan tersebut. Jika potongan-potongan mushaf yang lain menggunakan jenis tulisan khufi – berdasarkan pada informasi sejarah, yang mengatakan bahwa keseluruhan fragmen manuskrip tersebut diprediksikan baru ditulis setelah abad ke 3 hijriah – maka ia (mushaf Usmani) menurut Jeffery informasinya tidak teridentifikasi sama sekali.

Dengan demikian, dengan adanya berbagai macam kemusykilan yang terjadi dalam sejarah kompilasi ini khususnya dalam kasus perbedaan qiraat ini, mendorong para peneliti barat untuk mempertanyakan riwayat-riwayat yang menginformasikan koleksi-koleksi pribadi para sahabat pra mushaf Usmani.
Paling tidak dalam mengomentari dan menanggapi semua kemusykilan yang terjadi dalam hal ini, ada dua nama yang menonjol yaitu, John Burton dan John Wansbrough.

John Burton menegaskan bahwa seluruh riwayat yang menceritakan kodeks para sahabat dan kodeks yang beredar di beberapa kota metropolitan muslim saat itu, sebenarnya telah dipalsukan oleh para fuqaha dan filolog muslim kemudian. Hal ini menurut Burton, dimaksudkan untuk dijadikan sebagai setting kisah kodifikasi mushaf Usman yang pada gilirannya dijadikan penutup kenyataan bahwa Muhammad sendiri telahh mengumpulkan dan mengecek edisi final Al Qur’an.

Di sisi lain, Wansbrough mencurigai peran aktif generasi muslim awal dalam penyusunan redaksi final al-quran. Menurutnya, generasi awal Islam tidak hanya memformulasikan wahyu yang diajarkan Muhammad, akan tetapi memberiakn tambahan di sana- sini untuk mengantisipasi masuknya tradisi yahudi di dalmnya. Peran aktif generasi awal muslim ini terlihat jelas dalam berbagai versi bacaan Al Qur’an yang berbeda-beda. Selain itu ia juga menambahkan, berdasarkan teori Joseph Schacht yang mengatakan bahwa hokum Islam tidak dideduksi dari Al Qur’an, bahwa redaksi final Al Qur’an baru di susun pada permulaan abad ketiga hijrah. Hal ini ditopang data histories bahwa terminology baku seperti rujukan kepada mushaf Usmani sebagai mushaf al-imam baru dimulai pada abad ketiga hijriah.






Untuk Iklan da Donasi di Sini

0 komentar:

Posting Komentar