Minggu, 23 Januari 2011

Akhlak Dalam Ajaran Hindu

Ajaran hindu berdasarkan kepada kitab veda ( 1500 sm ) disamping mengandung dasar-dasar ketuhanan, juga mengajarkan prinsip-prinsip etika hindu yang wajib di pegang teguh oleh penganut-penganutnya. Etika mereka sandarkan kepada ajaran ketuhanan yang mereka anut yang termaktub dalam kitab veda tersebut.
Prinsip tersebut ialah sipat patuh dan disiplin dalam melaksanakan upacara-upacara ajarannya sebagaimana mestinya. Manakala seorang apat melaksanakan kewajiban tersebut dengan sempurna, dapatlah di pandang sebagai orang yang mencapai derajat kemuliaan yang sesungguhnya. Sebaliknya barang siapa melalaikan hal tersebut, kurang hati-hati atau salah dalam mengerjakan upacara keagamaan, maka hal itu berarti dosa dan sumber terbitnya kejelekan.
Tanda-tanda lahir yang dipandang baik dalam akhlak menurut hindu adalah: kemerdekaan, kesehatan, kekayaan, kebahagiaan yang semua itu dapat di capai manakala seorang patuh melaksanakan upacara keagamaan dngan baik dan sempurna. Sedangkan alamat-alamat kejahatan ialah: perhambaan, sakit, fakir dan celaka yaitu timbul akibat tidak melaksanakan upacara agama dengan hati yang penuh dengan kesungguhan.
Dengan demikian, jelaslah bahwa prinsip etika hindu ialah bahwa peraturan ajaran di pandang sebagai sumber segala kemuliaan.


0 komentar:

Posting Komentar