Minggu, 23 Januari 2011

PENDIDIKAN AKHLAK

Ada beberapa perkara yang menguatkan pendidikan akhlak dan meninggikannya, disini kami menurunkan yang terpenting ialah:
a. Meluaskan lingkungan pikiran, yang telah dinyatakan oleh “Herbert Spencer” akan kepentingnya yang besar untuk meninggikan akhlak, sungguh pikiran yang sempit itu sumber beberapa keburukan dan akal yang kacau balau tidak dapat membuahkan akhlak yang tinggi.
Kita melihat takutnya beberapa orang yang disebabkan karena khurafat yang memenuhi otak mereka, dan banyak dari suku dan bangsa di arab berkeyakinan bahwa keadilan itu hanya di wajibkan kepada orang-orang suku mereka adapun kepada lainya tidak di kata dzolim bila merampas harta mereka atau mengalirkan dara mereka,
Lingkungan pikiran itu bila sempit, menimbulkan akhlak yang rendah seperti apa yang kita lihat pada orang yang bersifat kesaya-sayaan, yang tida suka kebaikan kecuali untuk dirinya dan tidak melihat didunia ini orang yang pantas mendapat kebaikan kecuali dia. Cara mengobati penyakit itu ialah dengan meluaskan pandangannya sehingga mengetahui harga dirinya di dalam masyarakat, dan supaya mengetahui bahwa dia itu tidak lain dan tidak bukan kecuali anggota dari tubuh, dan tidak sebagai apa yang dia sangka bahwa ia pusat lingkaran, tetapi seperti lainnya adalah setitik di dalam lautan.

b. Berkawan dengan orang yang terpilih. Setengah dari yang dapat mendidik akhlak ialah berkawan dengan orang yang terpilih. Karena manusia itu suka mencontoh, sewperti mencontoh orang sekelilingnya dalam pakaian mereka, juga mencontoh dalam perbuatan mereka dan berperangai dengan akhlak mereka. Seorang ahli filsapat menyatakan “kabarilah saya siapa kawanmu, saya beri kabar kepadamu siapa engkau” maka berkawan dengan orang-orang berani dapat memberi ruh keberanian pada jiwa orang penakut.
Dan banyak dari orang pandai pikirannya, sebab cocok memilih kawan atau kawan yang mempengaruhi mereka dengan baik akan dapatmembangun kekuatan jiwa mereka yang dahulu lemah.

c. Membaca dan menyelidiki perjalanan para pahlawan dan berpikir luar biasa. Sungguh perjalanan hidup mereka tergambar di hadapan para pembaca dan memberi semangat untuk mencontoh dan mengambil tauladan dari mereka, suatu bangsa tidak sepi dari pahlawan, yang kalau di baca tentu akan menimbulkan ruh yang baharu yang akan menggerakkan jiwa untuk mendatangkan perbuatan yang besar, dan banyak orang yang terdorong mengerjakan perbuatan mereka, karena membaca perbuatan orang yang besar atau kejadian orang besar yang di ceritakan.





0 komentar:

Posting Komentar