Senin, 12 Desember 2011

Gua Puteri Pukes

Gua Puteri Pukes, merupakan salah satu gua yang berada di pinggiran Danau Laut Tawar. Di dalam gua ini kita dapat menemukan beberapa peninggalan, seperti barang-barang perabotan rumah tangga yang telah membatu, maupun batu berupa patung yang disebut-sebut sebagai Puteri Pukes yang membatu. Walaupun jalan menuju ke dalam gua cukup sempit, gua ini cukup luas di dalamnya, bahkan cukup untuk memuat satu rumah dan pekarangannya.

Menurut kisah, patung-patung di dalam gua ini awalnya merupakan benda-benda nyata dan  murni yang kemudian membatu karena kesalahan dari Puteri Pukes yang melanggar pantangan ketika pernikahannya. Di kisahkan, sewaktu menikah, Sang Puteri yang telah disunting oleh Sang Pria dilarang untuk melihat kembali kebelakang ketika rombongan akan meninggalkan keluarga Sang Puteri. Ketika rombongan sudah bergerak meninggalkan kediaman si wanita, dan sudah berada di pinggir Danau Laut Tawar, ternyata Sang Puteri melanggar pantangan yang telah di sepakati. Karena itu, akhirnya seluruh rombongan menjadi batu.

Itulah, kisah singkat mengenai riwayat Gua Loyang Koro, dan bagi anda yang berminat mengetahui lebih jelas mengenai wisata Takengon, anda dapat mengunjungi situs ini :
http://permataaceh.blogspot.com/

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Kunjungi ya,,,
mari kita kesana

Anonim mengatakan...

Lanjud,,,, hayooo

Posting Komentar