Selasa, 23 November 2010

BALIGE (Vegetasi dan Hewan Dominan)

BAB 1
PENDAHULUAN

 Latar belakang
Balige merupakan salah satu kecamatan toba samosir yang terkenal dengan Salah satu objeck wisata yakni danau toba, perbukitan hijau bukit barisan dan air terjunnya.
Sama halnya dengan daerah lain, balige pasti memiliki vegetasi,(dominan) dan hewan(dominan).menjadi salah satu objeck wisata bukan berarti kalau daerah balige tidak mempunyai vegetasi dan hewan.berbicara mengenai vegetasi dan hewan dibalige memang tidak ada bosannya karena vegetasi dan hewan disana jenisnya sangat banyak. Meskipun jenisnya banyak tetap saja kalau daerah balige memiliki vegetasi dan hewan yang dominan
Dengan adanya vegetasi dan hewan yang dominan itu diharapkan agar para Penduduk didaerah balige juga memperhatikan pertumbuhan dan perkenbangan Dari jenis vegetasi atau jenis hewan lainnya agar jenis dari vegetasi dan itu Tetap ada.

BAB II
LINGKUNGAN FISIK
Sebelum saya menjelaskan apa-apa saja vegetasi (dominan) dan hewan (dominan) yang ada di daerah balige, ada baiknya saya menjelaskan apa yang dikasudnya dengan lingkungan fisik.
Lingkungan yaitu adanya kumpulan semua makhluk hidup dan makhluk tidak hidup yang terjadi secara alami di bumi, sementara yang dimaksud dengan lingkungan fisik yaitu adanya ciri khas suatu daerah yang membedakannya dengan daerah lain baik itu seperti iklimnya relifnya, tanahnya, hidroginya dan vegetasi beserta henwannya.
Berbicara mengenai lingkungan fisik berarti berbicara mengenai semua benda hidup dan benda tak hidup di b umi. Lingkungan fisik ini sangat erat hubunganya dengan bentang alam dan sumber daya alam. Bentang alam itu berfungsi sebagai sistem alami tenpa intervensi manusia yang berlebihan. Di dalamnya termasuk semua jenis tumbuhan, binatang, batuan dan fenomena alami yang terjadi dalam batas unit bentang alam tersebut. Adapaun yang dimaksud dengan sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terkandung di alam dan bersifat universial dan fenomena fisik, yang berdifat lintas batas seperti udara, air, iklim, dan juga energi, radiasi yang tidak berasal dari aktivitas manusia.

2.1. Vegetasi (Dominan)
Ada banyak jenis vegetasi yang tumbuh di derah Belige misalnya padi, palawija, syur, ubi kayu, ubi jalar, jagung, kopi, pohon pinus dan pohon cemara. Vegetasi ersebut tumbuh dengan subur di daerah balige karena tanaman tersebut cocok d engan lingkungan.
Dari banya jenis vegetasi terebut hanya padi dan jagung yang termasuk vegetasi dominan di Balige. Akibatnya, semakin bertambahnya tahun semakin bertambah petani yang dulunya pertani sayur dan palawija menjadi petani jangung.
Banyak bahan yang digunakan untuk menumbuhkan kembangkan padi dan jagung tersebut terbukti dari adanya sikap yang mengubah lahan yang kosong atau lahan tidur menjadi lahan yang peroduktif sampai saat ini vegetasi jenis padi dan jagunglah yang mesih merupakan vegetasi dominan di daerah saya tinggal.

2.2. Hewan (Dominan)
Kebau, babi, bebe, entok, ikan mas, ikan mujair merupakan jenis hewan yang ada di Balige. Hewan-hewan tersebut bedanya besar dan gemuk dan bila dikomsumsi rasanya enak dan manis.
Tidak perlu banyak lahan yang diperlukan untuk memelihat mengembangbiakkan jenis hewan tersebut. Meskipun lahan yang digunakan untuk vegetasi lebihluas dibandingkan dengan hewan bukan bererti hewan di daerah Balige tidak cukup maka malahan hewan disanalah yang pertumbuhannya sangat cepat karena disana banyak sumber makanan bagi hewan. Adapun hewan yang paling dominan di daerah empat dan keempat jenis hewan inilah yang masih tetap manjadi hewan dominan di daerah balige sampai saat ini.

BAB III
PEMBAHASAN

Kabupaten Toba Samosir secara geografis terletak di antara 98.56’- 99.40’BT dan 2.30’ -2.40’ LU. Kabupaten Toba Samosir ini berada digaris khatulistiwa sehingga kabupaten ini tegolong dalam daerah yang beriklim tropis basah dengan suhu berkisar antara 17oC - 29oC dan rata-rata kelembaban udara 85,40%.
Balige merupakan salah satu kecamatan kabupaten Toba Samosir. Daerah Balige selain terkenal dengan kawasan wisata, ternyara Balige juga terkena dengan salah satu daerah yang berpotensi menghasilkan tanaman pangan, bayak jenis vegetasi yang tumbuh dan berkembang di Balige misalnya vegetasi pasi, pohon cemara,pohon penus, ubi kayu, dan ubi jalar. Dari banyaknya vegetasi yang tumbuh itu hanya padi dan jagunglah yang disebut sebagai jenis vegetasi dominan di daerah padi Balige.
Kalau kita pergi ke daerah Balige kita akan melihat begitu banyak lahan yang digunakan untuk menanam segalah jenis vegetasi khususnya untuk lahan berair jenis vegetasi yang tumbuh disana hanyalah padi semnetara untuk lahan kering dimanfaatkan untuk menanam jagung dan jenis vegetasi lainya yang cocok dengan lahan kering. Sudah banyak terdapat lahan tidur dan lahan kosong yang diubah menjadin lahan produktif.
Adanya sikap Bupati Balige terdahulu yang ingin menggalakan vegetasi tanaman padi dan jagung membuat petani yang bukan petani padi dan jagung menjadi petani padi dan jagung sehingga dampaknya untuk petani sayur, buah, pelawija, ubu kayu dan ubi jalar menjadi berkurang.
Padi dan jagung di derah Balige tidak jauh berbeda dengan padi dan jagung dari detah lain yang masih satu kabupaten dengan daerah balige. Adapun ciri-ciri padi Balige adalah :
• Tingginya ± 40 cm
• Daunya panjang
• Danunnya tidak terlalu lebar ±1 cm
• Butit padi yang akan di panen tergantung dari jenis yang di tanam tetapi untuk padi yang dipanen jarang didapat gabah. Banyak yang banyak
• Adapu pu[uk yang digunakan ada yang alami dan ada yang buatan.
• Padi hanya tumbuhan di lahan berair.
Tanaman padi di daerah saya sudah bisa dikatakan subur karena padi diasana tumbuh dengan cepat, sistem irigasinya juga sidah baik karena meskipun musim kemarau sawah masih tetap bisa di airi meskipun pengairannya tidak banya pada saat musim pengujan air yang diairi ke sawah tersebut selain bersumber dari air hujan juga bersumber dari air pegunungan yang berasal dari daerah tangga bat. Dalam 1 tahun padi tersebu sudah bisa dipanen sebanyak tiga kali.
Berbeda halnya dengan vegetasi tahunan jagung, vegetasi jenis ini tumbuh di lahan kering dan tidak memerlukan banyak air seperti padi namun harus memiliki kadar air yang cukup untuk proses pertumbuhanaya. Ciri-ciri jagung balige adalah :
• Ukurannya ada yang sedang dan tinggi antara ±80 m - ± 180 m
• Untuk jagng di balige ada yang bertongkol 2 dan bertongkol 1
• Biji jagung yang d ihasilkan sangat berbeda ada yang bijinya besar ada pula yang kecil.
Tanaman jagung untuk saat ini memang sangat marak di Balige sampai-sampai banyak lahan yang digunakan hanya menanam jagung termasuk lahan yang dulunya ditanami sayur, palawija, ubi kayu dan ubi jalar. Dan satu hal lagi jagung di derah saya harus disiram minimal sekali dalam 1 minggu lalu dilakukan penyemprotan dan untuk pupuk yang digunakan ada yang alami dan ada juga yang buatan.
Bukan hanya jenis vegetasi saja yang banyak terdapat di balige jenis dari hewan juga banyak terdapat di daerah itu misalnya kerbau, babi, itik, entok, bebek, ayam, ikan mujair, ikan mas, sama halnya dengan vegetasi hewan Balige juga pasti memiliki hewan dominan diantara kerbau, babi, ikan mujair dan ikan mas.
Lainnya halnya dengan jenis hewan bebek, entok, itik, ayam hewan tersebut tidak begitu dominan karena hewan jenis tersebut di derah saya hanya peliharaan saja artinya hewan tersebut dipelihara hanya untuk di komsumsi kalau hewan tersebut sudah lumayan besar dan berat. Walaupun ada yang memliharanya untuk menghasilkan telur namun itu tidak banyak.
Hewan dominan seperti babi dan kerau tidak memerlukan lahan yang luas untuk tumbuh dan berkembang namun yang dibutuhkan adalah makanan yang banyak dna cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Khususnya untuk ikan mujair dan ikan mas memang membutuhkan tempat yang luas tergantung dari beberapa banyak ikan tersebut di dalam kolam ersebut.
Babi merupakan hewan yang moncongnya panjang, hidungnya leper dan bisa disebut sebagai hewan omnivora karena pemakan daging dan tumbuhan. Babi di derah baligeberciri-ciri :
• Tingginya bisa mencapi ± 50 cm
• Panjang bisa mecapai ± 90 cm
• Sifatnya sangat rakus sehingga menyebabkan babi itu cepat menjadi begitu besar
• Tempat perternakan babi dibuat tidak jauh dari pemukiman penduduk atau dekar dengan rumah pemilik babi tersebut.
• Kotoran babi tersebut diolah menjadi kompos.
• Babi Balige sangat suka denga daun ubi Jalar ampas, sayur-sayuran, dedak, dan penyedap rasa buat makanan babi
• Setiap hari berada di kandang sehingga tidak bebas mencari makan

Kerbau dan babi pastikan berbade Balige kerbau Balige ciri-cirinya :
• Pagi samapi sore berada di luar di luar kandangnya biasanya kerbau ini berada di saeah yang talah di panen atau sawah yang tidak diolah
• Untuk kerbau yang jauh dari persawahan kerbau tersebutakan akan berak di kandangnya lalu pemiliknya akan mencari rumput untuk makanan kerbau tersebut.
• Kerbau tersebut bisa mencapi tinggi ± 130 cm
• Panjang kerbau tersebut bisa mencapi ± 160 cm
• Bulunya panjang dan tebal
• Makannya biasanya rumput dan tumbuhan hijau
• Hewan ini berupa herbivorra karena hanya memakan tumbuhan saja.
Ternyata Balige termasuk daerah yang beruntung karena daerah Balige masih berada di sekitar perairan Dananu Toba. Hal itu menjadikan sebagain penduduk di Balige untuk memihara ikan yaitu dengann membuat kerambah untuk ikan mas dan ikan mujair di balige biasanya ukuranya 2 m x 2 ic. Di dalam keramaba itulah itulah ikan itu hidup untuk sebagian perternak ikan, ada yang menyatukan ikan mujair dan ikan mas namun ada juga perternak yang memisahkan kedua jenis iakn tersebut. Adapun ciri-ciri dan perbedaan ikan mujair dan ikan mas Balige adalah :
• Ikan mujair ukuranya lebih kecil dibandingkan ukuran ikan mas
• Ikan mujair sisiknnya tidak begitu cerah dibandingkan dengan ikan mas, ikan mas sisiknya begitu terang dan berkilau.
• Ikan mujair jenisnya hanya sejenis saja dengan dimana hanya bersisik abau-abau sementara ikan mas jenisnya ada di mana ada yang bersisik orange, hitam, agak merah, dan belang.
• Ikan mujair lebih ringan dibandingkan ikann mas
• Iakan mujair seisiknya lebih tipis dari pada ikan mas
• Iakn mas mujair lemaknya hanya sedikit tidak seperti ikan mas
• Ikan mujair murah di bandingkan ikan mas
Meskipun dalam ciri ikan mujai dan ikan mas berbada-beda namun dalam hal makanan ikan mujair dan ikan mas ini ternyata sama dimana makanannya da yang pelet ada juga yang alami.
Demikianlah yang dpat saya jelaskan mengenai vegetasi dominan dan hewan dominan yang ada di tempat tinggal saya yakni daerah kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir di mana pada intinya bahwa banyak jenis dari vegetasi dan hewan yang tumbuh dan berkembang di daerah tersebut namun tetap saja ada yang mendominasi dari jenis dan hewan tersebut misalanya untuk vegetasinya yang dominan adalah tumbuhan padi dan jagung sementara untuk hewannya yang dominan adalah kerbau, babi, ikan mujair dan ikan mas.



BAB IV
KESIMPULAN

Setiap daerah yang lingkungan fisiknya berbeda menyebabkan setiap daerah itu memiliki jenis vegetasi dan hewan yang berbeda pula. Setiap daerah pasti memiliki jenis vegetasi dan hewan yang jenisnya beragam namun tetap saja akan ada jenis vegetasi dan hewan yang dominan di daerah tersebut.
Seperti halnya dengan Balige karena termasuk daerah yang beriklim teropis basah dan berlahan subur maka daerah di balige akan banyak tumbuhan dan berkembang berbagai macam vegetasi dan hewan namun jenis vegetasi yang dominan jenis vegetasinya adlaah padi dan jagung sementara untuk hewan dominan di Balige yakni kerbau, babi, ikan mujair dan ikan mas.
Ternyata lahan dan malan sangat dibutuhkan oleh makhluk untuk melangsungkan hidupnya. Beberpa jenis akan berbeda jenis akan berbeda lahan dan makanan yang dibutuhkan sama seperti vegetasi dan hewan tersebut meski sama sama makhluk hidup namun lahan untuk mereka tinggal dan makanan yang mereka butuhkan pastikan tidak sama.
Vegetasi dan hewan di balige dapat tumbuh dan berkembang karena vegetasi dan hewan tersebut dapat beradaptasi atau mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan Balige.

1 komentar:

rinda septiani mengatakan...

makasih buat artikelnya

Posting Komentar