Kamis, 02 Desember 2010

Stasiun Minyak

Minyak hasil pengepresan akan di teruskan kebagian vibro melalui talang minyak. Minyak ini masih mengandung kotoran berupa lumpur, pasir, serat, sehingga perlu di pisahkan dari kotoran dengan melakukan pengayakan ke bagian vibro dan hasil ayakan akan di tampung ke bagian Bak RO, kemudian dipompakan melalui pipa ke bagian CST. Minyak akan diendapkan di CST, dimana pada bagian ini terjadi dua proses dalam satu kali kerja yaitu ada minyak yang dikirim kebagian Oil Tank dan ada yang diteruskan ke bagian Sludge Tank.
Untuk tahap pemurnian minyak dimulai dari Sand Trap. Hal ini berarti harus dimulai prinsip-prinsip perlakuan minyak kasar menjadi minyak murni atau pemisahan antara minyak dan non minyak. Agar pemisahan tersebut dapat terjadi dengan sempurna, maka proses dilakukan secara bertahap, mulai dari Sand Trap – Vibro Seperator – Bak RO - CST – oil Tank – Oil Purifier – Vacum Drier. Disamping itu, sludge dari CST diproses melalui Sludge Tank – Srainner – Pre Cleanner – Balance Tank - Sludge Seperator dan juga Decanting Basin/Fat-Fit.
Fungsi Sand Trap adalah untuk menangkap pasir yang terbawa minyak kasar (crude oil) hasil pressan, dengan cara pengendapan dan dipanaskan pada temperature > 950C. Didalam Sand Trap dipasang sekat vertical untuk menghindari turbulensi aliran dan mengarahkan flow minyak kasar kebawah terlebih dahulu agar pasir yang terbawa minyak kasar tertinggal di bawah (sering terjadi atau sekat sudah kropos sehingga Sand Trap tidak berfungsi maksimal dalam pengendapan). Pintu sekat dibuat untuk mengantisipasi tumpahnya aliran dibawah sekat sehingga minyak tidak tumpah keluar Sand Trap. Disamping itu pintu sekat juga dipakai untuk mengalirkan minyak kasar ke bak RO pada saat Sand Trap akan dicuci dengan cara menambah air ke bak Sand Trap. Berat jenis air yang lebih besar (dibandingkan dengan minyak kasar) akan berada di bawah dan mendorong minyak kasar keluar Sand Trap menuju ke Bak RO. Sand Trap ini merupakan instalasi pertama yang menangkap pasir.


0 komentar:

Posting Komentar